Pembuatan Kebun Gizi dengan Teknik Hidroponik

PAMONGAN-Minggu (01/09/2019) Bertempat di rumah Bapak Suparman, rumah salah satu warga di Rt 20 Rw 03 Dukuh Bomo Desa Pamongan Kecamatan Guntur Kabupaten Demak,  telah dilaksanakan kegiatan pembuatan kebun gizi.

Kegiatan kebun gizi ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan yang ada di Desa Pamongan. Kegiatan ini juga merupakan perwujudan dari perilaku hidup mandiri dengan mengembangkan potensi pangan lokal serta upaya mempertahankan ketahanan pangan. Biji dan bibit yang dipilih untuk pembuatan kebun gizi adalah biji dan bibit yang hasil panennya dapat dikonsumsi dengan musim panen yang pendek sehingga dapat di manfaatkan sesegera mungkin. Biji yang ditanam merupakan golongan sayur- sayuran seperti terong, caisin, bayam merah, bayam hijau, kacang panjang, tomat, kangkung, dan timun.

 

 

Peralatan yang digunakan dalam pembuatan kebun gizi dengan teknik hidroponik yaitu botol bekas, kain flanel, gunting, cutter, obat nyamuk, sekam, dan lakban. Bahan- bahan yang dibutuhkan yaitu benih sayur-sayuran dan nutrisi tanaman yang telah dicampur dengan pupuk kimia.

Tema yang diambil pada kegiatan kebun gizi ini adalah “Menamam Tanaman dengan Teknik Hidroponik”. Hidroponik sendiri adalah salah satu teknik menanam tanaman terutama dari jenis sayur-sayuran dan buah- buahan tanpa menggunakan media tanah. Hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya tanaman dengan teknk hidroponik adalah cahaya, oksigen, ketersediaan air,  dan nutrisi.

Teknik hidroponik ini menggunakan sistem sumbu, yaitu sistem yang sama seperti sumbu pada kompor minyak, dimana bak berisi air diberi tutup yang dilubangi sesuai dengan diameter net pot yang digunakan. Pot yang digunakan adalah botol air mineral yang sudah tidak terpakai. Net pot diberi sumbu sebagai alat penghubung untuk mentransfer nutrisi ke tanaman. Sumbu yang kami gunakan adalah kain flanel. Kegiatan kebun gizi diawali dengan penjelasan materi tentang menanam tanaman dengan menggunakan teknik hidroponik. Setelah penjelasan materi yang disampaikan Bapak Suparman, dilanjutkan dengan demo pembuatan media tanam hidroponik.

Setelah semua penjelasan selesai  dilanjutkan dengan praktek langsung yang diikuti oleh semua peserta yang hadir  untuk membuat media tanam hidroponik sekaligus pemberian biji sayur pada media tanam yang sudah dibuat. Peserta terlihat sangat antusias dalam pembuatan kebun gizi dengan teknik hidroponik. Kegiatan ini diakhiri dengan pemasangan papan kebun gizi dihalaman depan rumah dilanjutkan dengan foto bersama.