Penyuluhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) pada ibu hamil di Desa Pamongan

Pada hari Senin, 19 agustus 2019 di Gedung PKK  Desa Pamongan telah dilaksanakan kegiatan kelas ibu hamil yang dihadiri oleh bidan Desa Pamongan, kader posyandu, ibu hamil dan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang yang sedang melakukan praktek kerja lapangan (PKL) dibidang gizi masyarakat. Kegiatan kelas ibu hamil dilakukan 1 bulan sekali dengan sasaran seluruh ibu hamil yang ada di Desa Pamongan. Kelas ibu hamil tersebut dihadiri oleh 15  ibu hamil dengan usia kehamilan yang berbeda beda. Kelas ibu hamil ini diawali dengan pembukaan oleh ibu kader, pembacaan doa dan dilanjutkan dengan menyanyikan mars ibu hamil. Inti dari kegiatan ini adalah penyampaian materi tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) oleh mahasiswa PKL. 1000 HPK merupakan masa sejak 9 bulan selama kandungan ibu hingga 24 bulan setelah anak lahir dan biasa disebut sebagai periode emas. Para ibu hamil dikenalkan seberapa pentingnya 1000 HPK dan apa yang terjadi jika bayi tidak mendapatkan cukup gizi yang dibutuhkan pada periode emas tersebut. Pada saat penyampaian materi tersebut menggunakan media power point dan ibu hamil diberikan leaflet tentang pentingnya 1000 HPK.

Dalam kegiatan tersebut salah satu kader juga menyampaikan tentang bahaya stunting yang menjadi salah satu isu terkini permasalahan yang ada di Indonesia. Setelah penyampaian materi 1000 HPK dilanjutkan dengan senam ibu hamil yang didampingi oleh bu bidan dan mahasiswa PKL sebagai instruktur senamnya.

Senam ibu hamil tersebut dikhususkan untuk ibu hamil dengan usia kandungan lebih dari 5 bulan. Para ibu hamil terlihat antusias dalam mengikuti kelas ibu hamil, baik pada saat penyampaian materi ataupun pada saat senam ibu hamil.

Kelas ibu hamil diakhiri dengan makan bersama dan pemberian PMT ibu hamil dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Bidan dan kader selalu mengingatkan kepada para ibu hamil untuk menghadiri kelas ibu hamil pada pertemuan selanjutnya dan mengingatkan agar tidak lupa mengonsumsi PMT ibu hamil yang sudah diberikan.