Penyuluhan Jajan dan Bekal Sehat pada Siswa Sekolah Dasar kelas 5 di Desa Pamongan

Pada hari Rabu, 21 Agustus 2019 di SD 1 Pamongan telah dilaksanakan kegiatan penyuluhan jajan dan bekal sehat dengan sasaran siswa SD kelas 5 yang dilakukan oleh mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang yang sedang melakukan praktek kerja lapangan (PKL) dibidang gizi masyarakat.

Kegiatan tersebut dilakukan pada pukul 09.00 WIB di kelas belajar mengajar dengan media power point serta video yang menarik perhatian anak-anak, serta menyanyikan lagu cuci tangan dengan riang. Setelah materi berakhir, diadakan pemilihan bekal siswa yang paling sehat dan paling lengkap, karena pada hari sebelumnya sudah disampaikan oleh kepala sekolah untuk membawa bekal pada esok harinya dengan diberikan sedikit hadiah. Serta hadiah juga diberikan pada siswa yang bisa menyanyi dan mempraktekan 7 langkah cuci tangan serta bisa mengulang syarat jajan sehat yang sudah disampaikan. Di akhir kegiatan, dilakukan penyerahan plakat kenang-kenangan kepada SD 1 Pamongan dengan diwakili wali kelas 5.

Pada hari Kamis, 22 Agustus 2019 juga dilaksanakan kegitan penyuluhan jajan dan bekal sehat di SD 2 Pamongan dengan sasaran yang sama yaitu siswa SD kelas 5. Kegiatan tersebut dilakukan pukul 09.30 WIB sampai dengan selesai. Ditengah penyuluhan, pendamping lapangan dari mahasiswa hadir dan menyaksikan penyuluhan. Kegiatan penyuluhan sangat kondusif, karena siswanya sangat antusias mengikutinya.

Beberapa siswapun sangat bersemangat ketika diminta mempraktekkan 7 langkah cuci tangan di depan kelas. Hadiah diberikan pada siswa yang berani dan bisa menyebutkan beberapa dari 10 Pesan Umum Gizi Seimbang. Di akhir kegiatan, dilakukan penyerahan plakat kenang-kenangan kepada SD 2 Pamongan dengan diserahkan kepada kepala sekolah yang sebelumnya juga sudah memberi wejangan pada siswa kelas 5 dan mahasiswa Poltekkes Semarang.

 

Pada hari Minggu, 25 Agustus 2019 dilaksanakan penyuluhan jajan sehat di sekolah Minggu Gereja GKJTU di Desa Pamongan Dusun Bomo. Penyuluhan dilakukan setelah kegiatan ibadah di gereja tersebut selesai. Sasaran dari kegiatan penyuluhan tersebut yaitu anak-anak yang beribadah di Dusun Bomo. Kegiatan penyuluhan dihadiri pula beberapa orang tua yang ikut menyaksikan dan membantu ketenangan kegiatan.

Di setiap akhir kegiatan baik di SD 1 Pamongan, SD 2 Pamongan dan Gereja dilakukan foto bersama untuk kenang-kenangan. Kegiatan penyuluhan jajan dan bekal sehat pada anak-anak sangat menyenangkan dan sangat membutuhkan variatif karena anak cepat bosan.